Teknik Arsitektur

Website : http://ars.ft.unram.ac.id/

Proses berdirinya Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Mataram melalui rentang waktu yang cukup lama dan membutuhkan perjuangan yang luar biasa dari waktu ke waktu. Kronologisnya dimulai pada periode kepemimpinan Dekan Fakultas Teknik Universitas Mataram yang ke-3 yaitu Almarhum Prof. Ir. Hadi Sutrisno (2001-2009). Pada waktu itu, salah seorang dosen Jurusan Teknik Sipil FT Unram dengan latar belakang pendidikan Arsitektur, Rini S. Saptaningtyas, ST., M.Sc berinisiatif untuk mendirikan Program Studi Arsitektur di Universitas Mataram. Pada tahap awal, beliau melakukan diskusi dengan Ikatan Arsitektur Indonesia NTB (IAI NTB) yang pada waktu itu diketuai oleh almarhum Ir. Soemarprayono. Hasil diskusi tersebut disampaikan ke Ikatan Arsitektur Indonesia Nasional  (IAI Nasional) dan disambut hangat serta didukung oleh Ketua IAI Nasional, Dr. Ir. Budi Sukada. Langkah selanjutnya, Rini S. Saptaningtyas, ST., M.Sc didampingi  Zaedar Gazalba, ST.,MT dan Teti Handayani, ST., MA bersama Ketua IAI Nasional beserta Ketua IAI NTB menghadap Rektor Universitas Mataram (Prof. Ir. H. Mansur Ma’shum, Ph.D) dan disambut baik serta didukung oleh Rektor. Tindak lanjut dari pertemuan tersebut, Rektor melimpahkan tanggung jawab rencana pembentukan Program Studi Arsitektur ke Wakil Rektor I (saat itu namanya masih Pembantu Rektor I) Bidang Akademik, Almarhum  Dr. Ir Parman. Sementara pada waktu itu, Dekan Fakultas Teknik Universitas Mataram tidak setuju dengan dibukanya Program Studi Arsitektur dengan alasan beliau lebih menginginkan dibukanya Program Studi Desain Produk, tentunya dengan pertimbangan yang menurut beliau lebih bagus. Oleh karena itu, Rini S. Saptaningtyas, ST., M.Sc bersama Pembantu Rektor I berdiskusi kembali dengan hasil bahwa nantinya Program Studi Arsitektur sementara akan dibawah koordinasi langsung oleh Rektor Universitas Mataram. Perjuangan pembentukan Program Studi Arsitektur terhenti sesaat karena Pembantu Rektor I sebagai pendukung utama meninggal dunia karena serangan jantung.

Perjuangan pembentukan Program Studi Arsitektur dilanjutkan lagi pada periode Dekan Fakultas Teknik Universitas Mataram ke 4 yaitu Pathurrahman, ST., MT (2009-2013).  Rini S. Saptaningtyas, ST., M.Sc mencoba menghadap Dekan, tetapi jawaban Dekan waktu itu adalah belum memungkinkan karena terkendala dengan ruang kelas yang kurang/belum tersedia. Demikian pula, pada periode Dekan ke 5 yaitu Yusron Saadi, ST., MSc., Ph.D (2013-2017) juga mengalami kendala. Dekan mendukung untuk dibuka Program Studi Arsitektur, tetapi pada waktu diajukan ke Rektor Universitas Mataram (Prof. Ir. Soenarpi) tidak disetujui dengan alasan bahwa pada masa itu ada kebijakan dari Kemenristekdikti bahwa ada moratorium untuk pembukaan program studi baru, kecuali advokasi.

Pada periode kepemimpinan Dekan Fakultas Teknik Universitas Mataram yang ke-6 yaitu Akmaluddin, ST., M.Sc(Eng)., Ph.D (2017-2021), perjuangan pembentukan Program Studi Arsitektur dilanjutkan lagi. Pada bulan Februari 2018, Rini S. Saptaningtyas, ST., M.Sc kembali menghadap Dekan, hal ini disambut baik dan disetujui untuk diproses kembali usulan pembukaan Program Studi Arsitektur. Rini S. Saptaningtyas, ST., M.Sc bersama Dekan menghadap Rektor (Prof. Dr. H. Lalu Husni, SH., MH.). Bapak Rektor menyambut baik usulan pembentukan Program Studi Arsitektur dan diminta segera menyiapkan usulan Proposal/Borang Program Studi Arsitektur tersebut. Pada tahap awal proses ini, Rini S. Saptaningtyas, ST., M.Sc segera membentuk tim kecil untuk pengusulan Proposal/Borang Program Studi Arsitektur. Tim ini adalah Dosen Jurusan Teknik Sipil yang mempunyai latar belakang pendidikan Arsitektur yaitu Zaedar Gazalba, ST., MT dan Teti Handayani, ST., MA. Dalam proses pengusulan Proposal/Borang Program Studi Arsitektur ke Kemenristekdikti terjadi banyak kendala, tetapi akhirnya Proposal/Borang Program Studi Arsitektur tersebut disetujui dengan dikeluarkannya SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tentang Izin Pembukaan Program Studi Arsitektur Program Sarjana Pada Universitas Mataram No. 45/M/2020 tertanggal 10 Januari 2020. Pada Semester Ganjil Tahun Akademik 2020/2021 Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Mataram mulai  beroperasional dan menerima mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri.

Comments are closed.