Sejarah Singkat

Secara kronologis, keberadaan Fakultas Teknik Universitas Mataram sekarang ini diawalidengan dibentuknya sebuah Panitia Persiapan Sekolah Tinggi Teknik Mataram (STTM). STTM mulai menerima mahasiswa baru pada tahun akademik 1985/1986. Sekolah Tinggi inilah yang sengaja dipersiapkan untuk menjadi embrio Fakultas Teknik. Dalam rangka memenuhi tuntutan masyarakat NTB agar Universitas Mataram memiliki Fakultas Teknik, mengingat kurangnya tenaga ahli dalam bidang Teknik Sipil terutama dalam bidang keairan, maka untuk memenuhinya panitia persiapan telah mengusulkan perubahan status STTM menjadi Program Studi Teknik Sipil. Hal ini disetujui dengan diterbitkannya SK Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor : 68/DIKTI/KEP/1991 tanggal 8 Nopember 1991, tentang Sekolah Tinggi Teknik Mataram berubah statusnya menjadi Program Studi Teknik Sipil Universitas Mataram dibawah koordinasi Rektor Universitas Mataram.

Melalui proses dan kendala yang tidak sedikit, Universitas Mataram berupaya meningkatkan kualitas sumber daya dan sarana prasarana Program Studi Teknik Sipil, hingga akhirnya berdiri Fakultas Teknik Universitas Mataram dengan Program Studi Teknik Sipil berdasarkan SK Mendikbud RI Nomor: 0375/0/1993 tanggal 21 Oktober 1993.

Dalam usianya yang relatif muda, tanpa mengesampingkan kendala dari staf pengajar yang ada serta bertitik tolak dari kebutuhan daerah NTB yang mendesak terhadap tenaga ahli dibidang keteknikan, maka mulai tahun akademik 1996/1997 Fakultas Teknik Universitas Mataram mempersiapkan dua program studi lagi yaitu Program Studi Teknik Mesin dan Program Studi Teknik Elektro. Usaha yang telah dirintis akhirnya membuahkan hasil yaitu dengan terbitnya SK Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor: 115/DIKTI/Kep/1998 kedua program studi tersebut resmi berdiri. Mulai tahun akademik 1998/1999 Fakultas Teknik Universitas Mataram memiliki tiga program studi yaitu Program Studi Teknik Sipil, Program Studi Teknik Mesin dan Program Studi Teknik Elektro. Pada tahun 2012 Program Studi Teknik Informatika terbentuk, dengan terbitnya izin operasional No 195/E/O/2012, tertanggal 5 Juni 2012. Pada awal tahun 2004 dimulai proses pengajuan proposal pendirian Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Mataram. Dengan melalui proses yang panjang dan membutuhkan perjuangan yang tidak mengenal kata menyerah dari waktu ke waktu, akhirnya pada tahun 2020 terbentuklah Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Mataram dengan diterbitkannya SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tentang Izin Pembukaan Program Studi Arsitektur Program Sarjana Pada Universitas Mataram No. 45/M/2020 tertanggal 10 Januari 2020.