Workshop Pengembangan Program Study dan Laboratorium Universitas Mataram


Universitas Mataram berencana menyelenggarakan Rapat Kerja Tahunan(RKT) pada awal Bulan Desember 2012 untuk melakukan refleksi diri dan melakukan pembahasan rencana program pengembangan mencapai standarisasi nasional 3 tahun (2013-2015), merencanakan program menengah menuju standarisasi Asia (2015) dan merencanakan langkah dan program kerja jangka panjang dalam upaya menuju Universitas Riset Berkelas Dunia (2025).
Agar dalam RKT 2012 dapat memperoleh tujuan yang direncakan secara optimal dalam sejak awal bulan November telah dilakukan Workshop Pengembangan Program Sudi dan Laboratorium di seluruh Universitas Mataram yang dimulai dengan sosialisasi rencana Rapak Kerja Tahunan awal November dan Wokshop Pengembangan Program Studi dan Laboratorium 2 hari. Proses perencanaan dan pengembangan Program Studi dan Laboratorium dilakukan secara partisipatif dengan melibatkan sebagian besar seluruh sivitas akademika Universitas Mataram. Dengan model perencanaan partisipatif seperti ini diharapkan seluruh sivitas akademika Unraam memahasi secara mendalam cita-cita besar yang ingin dicapai bersama dan mengetahui secara pasti langkah-langkah pengembangan yang harus dilakukan serta peran serta kerterlibatan apa yang seharusnya dilakukan seluruh individu, unit dan kelembagaan di lingkup Unram telah dipahami secara paripurna.
Dalam sambutan pembukaannya Prof Lalu Wire Sapta Keryadi Pembantu Rektor I Unram mengungkapkan perlunya keterlibatkan aktif seluruh sivitas akademika Unram untuk menuju cita-cita besar Unram seperti yang telah diungkapkan di atas. Prof Karyadi selanjutnya mengungkapkan diperlukan kerjakeras dan semangat kebersamaan yang tinggi untuk memajukan Unram. Di era persaingan global yang semakin ketat, untuk dapat maju dan bersaing dengan Universitas lain di Indonesia dituntut kemampuan sivitas kademika Unram yang tinggi dan mampu bersaing dalama mengembangkan Ipteks yang unggul dalam memcahkan berbagai permasalahan bangsa ini. Prof Karyadi selanjutnya mengungkapkan semakin sulitnya pencapaian Profesor dan Lektor Kepala dengan persyaratan kualitas akademik yang semakin tinggi, beliau menghimbau sivitas akademika Unram untuk bekerja habis-habisan(all out) dalam mengembangkan Riset berbasis keunggulan bidang keilmuan dan mempublikasikannya di Jurnal nasional dan Internasional. Hanya dengan cara seperti itu kedapan Unram dapat bersaing secara cepat dalam percaturan dan persaingan pendidikan tinggi global, selamat melakukan workshop dan rapat kerja tahunan (Bagian Kerjasama Universitas Mataram).

Leave a Reply