Teknik Mesin

Website : http://me.unram.ac.id

Jurusan/Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Unram didirikan dengan SK Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dengan Nomor 115/DIKTI/Kep/1998, tanggal 14 April 1998 yang ditandatangani Dirjen DIKTI Bambang Suhendro. Izin operasional penyelenggaraan Jurusan/Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Unram sesuai SK Izin Operasional Nomor: 123/DIKTI/Kep/2001tertanggal 1 Juni 2001. Akreditasi terakhir: B dengan Nomor SK BAN-PT: 001/BAN-PT/Ak-X/S1/I/2007. Penyelenggaraan dimulainya Jurusan/Program Studi Teknik Mesin pada Bulan 14 April 1998.

Jurusan/Program Studi Teknik Mesin ini merupakan satu satunya Prodi Teknik Mesin yang ada pada Perguruan Tinggi di NTB. Program studi ini menyelenggarakan pendidikan teknik mesin berjenjang S1. Program Studi Teknik Mesin terdiri dari tiga kelompok keahlian, yaitu: kelompok keahlian mekanika dan bahan, kelompok keahlian produksi dan kelompok keahlian konversi energi.

Jurusan/Prodi Teknik Mesin didukung oleh 37 orang staf pengajar (dosen), dari jumlah tersebut 2 orang dosen telah menyelesaikan program S3 (Doktor), 6 orang dosen sedang tugas belajar untuk menempuh S3 (Doktor),   28 orang bergelar Master (S2), 1 orang dosen sedang tugas belajar untuk menempuh S2 (Master). Tenaga pengajar pada Program Studi Teknik Mesin memiliki keahlian dalam bidang seperti: Teknik Mesin; Rekayasa Perancangan dan Manufaktur;Manufacturing Systems Engineering and Management; Product Engineering;International Automotive Engineering; Teknik Industri; Statistika; Teknik dan Manajemen Industri; Desain and Simulation of Mechanical System; Teknik Nuklir; Teknologi Energi; Metallurgi; Quality; Safety and Environment; Rekayasa Perencanaan dan Manufaktur; Mechanical Engineering; Corrosion Science and Engineering; Mechanical Engineering.

Jurusan/Program Studi Teknik Mesin dilengkapi dengan fasilitas pendukung utama yaitu enam buah laboratorium; (1) Lab. CNC, (2) Lab. Produksi, (3) Lab. Metrologi, (4) Lab. Logam, (5) Lab Fenomena Dasar dan (6) Lab Energi.

Comments are closed.