Teknik Elektro

Website : http://te.unram.ac.id

Jurusan/Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Unram didirikan dengan SK Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dengan Nomor 115/DIKTI/Kep/1998, tanggal 14 April 1998. Izin operasional penyelenggaraan Jurusan/Program Studi Teknik Elektro ini sesuai SK Izin Operasional Nomor: 124/DIKTI/Kep/2001tertanggal 1 Juni 1998. Akreditasi terakhir: B dengan Nomor SK BAN-PT: 06592/Ak-VII-S1-023/UMWTFE/VI/2004. Sedangkan penyelenggaraan dimulainya Jurusan/Program Studi Teknik Elektro pada Bulan 14 April 1998.

Jurusan/Program Studi Teknik Elektro menyelenggarakan pendidikan S1 reguler dan memiliki enam unit laboratorium : Lab. Sistem Komputer, Lab. Sistem Elektronika dan Digital, Lab. Sistem Tenaga Listrik, Lab. Listrik Dasar, Lab. Sistem Telekomunikasi.

Jurusan Teknik Elektro didukung oleh 34 orang staf pengajar (dosen). Dari jumlah tersebut, 6 orang dosen telah menyelesaikan program S3 (Doktor), 28 orang berkualifikasi S2 (Magister). Saat ini 3 orang sedang menempuh program S3 (Doktor). Adapun bidang keahlian mencakup: Sistem Tenaga; Telkom & Elektronika; Sistem Isyarat Elektronis; Telekomunikasi; Sistem Komputer ; Sistem Kendali; Sistem Kontrol.

Kompetensi yang diharapkan oleh Jurusan/Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Unram terhadap lulusannya adalah: Mampu menginternalisasi nilai moral, agama, etika, dan tanggung jawab profesi pada dirinya; Memiliki integritas kepribadian sebagai sarjana teknik; Mampu menguasai konsep fundamental keteknikan; Mampu menerapkan (sinkronisasi) pengetahuan matematika, sains dan teknologi dalam bidang teknik elektro; Mampu melakukan identifikasi, pemodelan, perumusan, dan analisa persoalan keteknik-elektroan; Mampu merancang dan melaksanakan eksperimen serta mengumpulkan, menganalisa, dan menginterpretasi data; Mampu merancang suatu sistem, komponen, atau proses dalam bidang teknik elektro sesuai standar kompetensi berdasarkan kendala-kendala ekonomi, lingkungan, sosial, politik, etika, kesehatan dan keamanan, kemampuan pabrikan dan keberlanjutan; Mampu menggunakan teknologi, keahlian dan peralatan teknik elektro dengan teknologi terkini pada praktek keteknikan; Memiliki soft skills yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi.

Comments are closed.